Sabtu, 06 November 2010

contoh Silabus Pendidikan Agama Islam

SILABUS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS VI
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Semester I dan II

No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pengalaman Belajar Penilaian Alokasi waktu Sumber belajar
1 Mengartikan al-Qurán surat pendek pilihan 1.1 Membaca Q.S Al-Qadr dan Al-Alaq 1-5 Surat al-Qadr dan al-‘Álaq 1-5 1.1.1 Melafazkan Q.S Al-Qadr

1.1.2 Menuliskan Q.S Al-Qadr
1.1.3 Menghafal Q.S AL-Qadr
1.1.4 Menunjukkan hafalan surat al-Qadr
1.1.5 Melafazkan Q.S Al-Álaq 1-5
1.1.6 Menuliskan Q.S Al-Álaq 1-5
1.1.7 Menghafal Q.S AL-Álaq 1-5
1.1.8 Menunjukkan hafalan surat Al-Álaq 1-5  Siswa mencari dan menemukan bacaan surat al-Qadr dalam al-Qurán
 Siswa dengan bimbingan guru melafazkan bacaan surat al-Qadar
 Siswa secara kelompok membaca surat al-Qadr
 Siswa membaca lafaz surat al-Qadr secara individu
 Siswa dengan bimbingan guru menghafalkan bacaan surat al-Qadr

 Siswa mencari dan menemukan bacaan surat al-Álaq ayat 1-5 dalam al-Qurán
 Siswa dengan bimbingan guru melafazkan bacaan surat al-Álaq ayat 1-5
 Siswa secara kelompok membaca surat al-Álaq ayat 1-5
 Siswa membaca lafaz surat al-‘Alaq ayat 1-5 secara individu
 Siswa dengan bimbingan guru menghafalkan bacaan surat al-Álaq ayat 1-5

Lisan/ tulisan 2 X Buku PAI dan al-Qurán
1.2 Mengartikan Q.S Al-Qadr dan Alálaq 1-5 1.2.1 mengartikan kata al-Aqadr
1.2.2 mengartikan Q.S Al-Qadr
1.2.3 menjelaskan isi kandungan Q.S Al-Qadr
1.2.4 mengartikan kata al-Álaq 1-5
1.2.5 mengartikan Q.S al-‘Alaq 1-5
1.2.6 menjelaskan isi kandungan Q.S al-‘Alaq 1-5  Siswa membaca terjemahan surat Al-Qadr
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang surat al-Qadr
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang surat al-Qadr
 Siswa membaca terjemahan surat Al-Álaq ayat 1-5
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang arti surat al-Álaq ayat 1-5
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kandungan surat al-Álaq ayat 1-5
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang surat al-Álaq ayat 1-5
Lisan/tulisan 1 X Buku PAI dan al-Qurán
2 Meyakini hari akhir 2.1 Menyebutkan nama-nama hari akhir Hari akhir 2.1.1 menjelaskan arti hari akhir
2.1.2 menjelaskan nama-nama hari akhir  Mengamati gambar ilustrasi datangnya kiamat
 Tannya jawab tentang hari kiamat
 Siswa membaca teks tentang hari akhir
 Siswa menemukan nama-nama hari akhir
 Siswa mendengarkan penjelasan hari akhir
 Siswa menyimpulkan penjelsa guru tentang hari akhir
Lisan/ tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán
2.2 Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
2.2.1 menjelaskan tanda-tanda hari akhir
2.2.2 meyakini adanya hari akhir
2.2.3 menyebutkan hikmah beriman pada hari akhir
2.2.4 menyebutkan ayat tentang hari akhir  Tannya jawab tentang hari akhir
 Siswa membaca teks tentang tanda-tanda hari akhir
 Siswa mencatat tanda-tanda hari akhir
 Siswa mendegarkan penjelasan guru tentang tanda-tanda hari akhir
 Siswa menyimpulkan penjelasa guru tentang hari akhir Lisan/ tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
3.1 menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal Perilaku tercela Abu Lahab dan Abu Jahal serta Musailamah al-Kazzab 3.1.1 menceritakan kisah Abu Lahab menghalangi dakwah Islam
3.1.2 menyebutkan perilaku buruk Abu Lahab
3.1.3 menceritakan kisah Abu Jahal menghalangi dakwah Islam
3.1.4 menyebutkan perilaku buruk Abu Jahal  Siswa membaca kisah Abu Lahab dalam menghalangi dakwah Islam
 Siswa mencari sikap dan perbuatan Abu Lahab yang mengganggu Nabi Muhammad
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kisah Abu Lahab
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang kisah Abu Lahab

 Siswa membaca kisah Abu Jahal dalam menghalangi dakwah Islam
 Siswa mencari sikap dan perbuatan Abu Jahal yang mengganggu Nabi Muhammad
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kisah Abu Jahal
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang kisah Abu Jahal


Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
3.2 menceritakan perilaku Musailamah al-Kazzab 3.2.1 menceritakan perilaku Musailamah menghalangi dakwah Islam
3.2.2 menyebutkan ajaran yang dibawa oleh Musailamah  Siswa membaca kisah Musailamah dalam menghalangi dakwah Islam
 Siswa mencari sikap dan perbuatan Musailamah yang menghalangi dakwah Rasul
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kisah Musalimah
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang kisah Musailamah


Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
4 Menghindari perilaku tercela 4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal Sikap dengki dan bohong 4.1.1 Menyebutkan perilaku dengki Abu Lahab
4.1.2 Menyebut perilaku dengki Abu Jahal
4.1.3 Menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari  Tannya jawab tentang pengertian perbiatan tercela
 Menyebutkan contoh perbuatan tercela
 Siswa Membaca kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
 Siswa mengarkan penjelasan guru tentang sikap tercela Abu Lahab dan Abu Jahal
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang sikap dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
4.2 Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah al-Kazzab 4.2.1 Menyebutkan contoh perilaku bohong Musailamah
4.2.2 Menghindari perilaku bohong dalam kehidupan sehari-hari  Tannya jawab tentang sikap bohonh
 Siswa membaca kisah Musailamah
 Siswa mendengarkan kisah Musailamah
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang sifat bohong seperti Musailamah Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
5 Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan 5.1 Melaksanakan shalat tarawih di bula Ramadhan 5.1.1 Menjelaskan pengertian shalat tarawih
5.1.2 menyebutkan hukum shalat tarawih
5.1.3 Menyebutkan rakaat shalat tarawih
5.1.4 Menjelaskan cara pelaksanaan shalat Tarawih  Tannya jawab tentang Ramadhan
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang shalat tarawih
 Siswa membaca dan menemukan hukum shalat taawih
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara pelaksanaan shalat tarawih
 Siswa mempraktekkan niat dan bacan shalat tarawih Lisan/tulisan 2 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
5.2 Melaksanakan tadarus al-Qurán 5.2.1 Menjelaskan pengertian tadarrus al-Qurán
5.2.2 Menjelaskan keutamaan tadarrus al-Qurán
5.2.3 Membiasakan tadarrus al-Qurán  Tannya jawab pengertian tadarrus
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang keutamaan tadarrus Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
6 Mengartikan al-Qurán ayat-ayat pilihan 6.1 Membaca Q.S Al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13 6.1.1 Melafazkan Q.S al-Maidah
6.1.2 Menuliskan Q.S al-Maidah ayat 3
6.1.3 Menghafal Q.S al-Maidah ayat 3
6.1.4 Menunjukkan hafalan Q.S al-Maidah ayat 3
6.1.5 Melafazkan Q.S al-Hujurat ayat 13
6.1.6 Menuliskan Q.S al-Hujurat ayat 13
6.1.7 Menghafal Q.S al-Hujurat ayat 13
6.1.8 Menunjukkan hafalan Q.S al-Hujurat ayat 13  Siswa mencari dan menemukan bacaan surat al-Maidah ayat 3 dalam al-Qurán
 Siswa dengan bimbingan guru melafazkan bacaan surat al-Maidah ayat 3
 Siswa secara kelompok membaca surat al- Maidah ayat 3
 Siswa membaca lafaz surat al- Maidah ayat 3 secara individu
 Siswa dengan bimbingan guru menghafalkan bacaan surat al- Maidah ayat 3
 Siswa mendemonstrasikan hafalan surat al- Maidah ayat 3

 Siswa mencari dan menemukan bacaan surat al- Hujurat ayat 13 dalam al-Qurán
 Siswa dengan bimbingan guru melafazkan bacaan surat al- Hujurat yat 13
 Siswa secara kelompok membaca surat al- Hujurat ayat 13
 Siswa membaca lafaz surat al- Hujurat ayat 13 secara individu
 Siswa dengan bimbingan guru menghafalkan bacaan surat al- Hujurat ayt 13
 Siswa mendemonstrsikan hafalan surat al- Hujurat ayat 13

Lisan/tulisan 2 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
6.2 Mengartikan Q.S Al-Maidah ayat 3 dan al-Hujurat ayat 13 6.2.1 mengartikan kata al-Maidah
6.2.2 Mengartikan Q.S al-Maidah
6.2.3 Mengartikan Q.S al-Maidah ayat 3
6.2.4 Mengartikan kata al-Hujurat ayat 13
6.2.5 Mengartikan Q.S al-Hujurat ayat 13
6.2.6 Mengartikan Q.S al-Hujurat ayat 13  Siswa membaca terjemahan surat Al-Maidah ayat 3
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang surat al- Maidah ayat 3 dan kandungannya
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang surat al- Maidah ayat 3

 Siswa membaca terjemahan surat Al- Hujurat ayat 13
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang arti surat al- Hujurat ayat 13
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kandungan surat al- Hujurat ayat 13
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang surat al- Hujurat ayat 13
Lisan/tulisan 2 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
7 Meyakini adanya Qadha dan Qadar 7.1 Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar 7.1.1 menjelaskan pengertian Qaha dan Qadar
7.1.2 Menyebutkan contoh Qadha dan Qadar
7.1.3 Menyebutkan hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar
7.1.4 Menyebutkan contoh Qadar mubram dan Qadar Muallaq  Tannya jawab tentang rukun Iman yang ke 6
 Mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian Qadha
 Tannya jawab tentang contoh Qadha
 Mendengarkan penjelasan guru tentang Qadar
 Tannya jawab tentang contoh Qadar
 Siswa menyebutkan perbedaan antara takdir mubram dan takdir muallaq
 Siswa menyimpulkan pelajaran yang diberikan oleh guru
Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
7.2. Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar 7.2.1 Menunjukkan kesabaran atas ketentuan Allah
7.2.2 Menyebutkan hikmah atas segala ketentuan Allah
 Tannya jawab tentang hikmah beriman pada Qadha dan Qadar
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar
 Siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
8.1.1 Menceritakan perjuangan kaum muhajirin
8.1.2 Menyebutkan contoh perjuangan kaum muhajirin
8.1.3 Meneladani kisah kaum muhajirin
8.1.4 Menyebutkan isi perjanjian aqabah I dan II  Membaca kisah kaum muhajirin
 Siswa menceritakan kembali kisah kaum muhajirin
 Siswa menemukan isi perjanjian aqabah I dan II
 Siswa membacakan isi perjanjian aqabah
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kisah kaum Muhajirin
 Siswa menyimpulkan hikmah dari perjuangan kaum Muhajirin Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
8.2 Menceritakan perjuangan kaum Anshar 8.2.1 Menceritakan perjuangan kaum Anshar
8.2.2 Menyebutkan contoh perjuangan kaum Anshar  Membaca kisah kaum Anshar
 Siswa menceritakan kembali kisah kaum Anshar
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kisah kaum Anshar
 Siswa menyimpulkan hikmah dari perjuangan kaum Anshar Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
9 Membiasakan prilaku terpuji 9.1 Meneladani prilaku kegigihan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari 9.1.1 Menyebutkan contoh prilaku kegigihan kaum Muhajirin
9.1.2 menceritakan kegigihan kaum Muhajirin
9.1.3 Meneladani perilaku kegigihan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari  Membaca dan memahami cerita kegigihan kaum Muhajirin
 Tannya jawab tentang kegigihan kaum kaum Muhajirin
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegigihan kaum Muhajirin
 Siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
9.2 Meneladani perilaku tolong menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari 9.2.1 Menyebutkan contoh prilaku Tolong menolong kaum Anshar
9.2.2 Menceritakan bentuk pertolongan kaum Anshar terhadap kaum Muhajirin
9.2.3 Meneladani perilaku tolong menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari  Membaca dan memahami cerita perilaku tolong menolong kaum Anshar
 Tannya jawab tentang perilaku tolong menolong kaum kaum Anshar
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang perilaku tolong menolong kaum Anshar
 Siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran Lisan/tulisan 1 x Buku PAI dan al-Qurán, ensiklopedi Islam
10 Mengetahui kewajiban zakat 10.1 Menyebutkan macam-macam zakat 10.1.1 Menjelaskan pengertian zakat
10.1.2 Menyebutkan macam-macam zakat
10.1.3 Menyebutkan hasnaf 8 (mustahik)
10.1.4 mennyebutkan dalil tentang zakat
10.1.5 Membiasakan mengeluarkan zakat  Siswa membaca teks tentang zakat
 Tannya jawab tentang zakat
 Siswa menemukan dalil tentang zakat
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang zakat
 Siswa menyebutkan orang yang berhak menerima zakat
 Siswa dengan guru menyimpulkan pelajaran
Lisan/tulisan 2 x
10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah 10.2.1 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
10.2.2 Menyebutkan waktu mengeluarkan zakat
10.2.3 Menyebutkan ukuran zakat fitrah
10.2.4 Menyebutkan hikmah berzakat  Tannya jawab tentang zakat fitrah
 Siswa menemukan ketentuan zakat fitrah dalam buku pelajaran
 Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang ketentuan zakat fitrah dan hikmahnya
 Siswa menyimpulkan penjelasan guru tentang ketentuan zakat fitrah dan hikmahnya Lisan/tulisan 1 x

dua minggu di LPJ

dua minggu di LPJ
Di Hotel Ceria Buana